Obrolan

Fauzie: Pemerintah Lambat Tangani Korona

Selasa, 07 April 2020 : 11.04
Ketua Umum DPN PERADI Fauzie Yusuf Hasibuan
SOLO - Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Fauzie Yusuf Hasibuan menyatakan bahwa tahun 2020 adalah masa yang sulit. Bukan hanya bagi Indonesia, tetapi juga untuk negara-negara dunia.

“Bagaimana tidak? Harapan adanya perbaikan ekonomi di tahun ini, setelah kesepakatan perdagangan fase satu antara Amerika Serikat dengan Tiongkok untuk menghentikan sementara perang dagang antara kedua negara seolah tenggelam," katanya di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Sebagai gantinya, lanjut Fauzi, muncul berbagai ketidakpastian baru akibat wabah covid-19 yang kali pertama diumumkan sebagai pandemi global (11/3/2020), WHO menyatakan jumlah yang terinfeksi di seluruh dunia mencapai lebih dari 121 ribu.

Namun, Fauzie menyayangkan pengumuman ini tidak ditanggapi dengan cepat oleh pemerintah Indonesia yang masih merasa aman dari virus. Padahal, penyebaran virus terjadi sangat masif; tidak kenal waktu atau siapa pun.

"Kurang dari sebulan sejak diumumkan sebagai pandemi global, covid-19 bahkan berisiko tinggi merusak berbagai sektor kehidupan, khususnya ekonomi," tandasnya.

Fauzie menilai bahwa pemerintah tidak serius mengantisipasi kedatangan virus ke Indonesia. Hal itu ditunjukkan oleh respons Direktur Jenderal WHO lewat surat tertanggal 10 Maret 2020 kepada Presiden RI.

“Dapat dipahami bahwa upaya pemerintah saat itu bermaksud untuk meminimalkan informasi agar tidak terjadi kepanikan. Namun, logika sempit tersebut menimbulkan masalah yang lebih sulit," ujarnya.

Masyarakat yang kurang informasi akan lebih rentan termakan hoax ketika tidak ada rujukan yang resmi. Akibatnya, masyarakat tidak bisa mendapatkan akses yang benar untuk melakukan pencegahan dini.

“Ternyata kehebatan tehnologi yang canggih seperti yang dibanggakan negara-negara maju tidak dapat berbuat banyak, satu-satunya kekuatan manusia adalah Harapan Kehidupan. Kita percaya Allah SWT yang memberi kehidupan semua mahluk, mari berdoa,” tutup Fauzie. (Adm)

0 komentar :

Berikan Komentar Anda

Copyright © 2020 Peradisurakarta.com All Rights Reserved