Obrolan

Jurnal Komunikasi Pendidikan FKIP Univet Bantara Raih Akredetasi Sinta 4

Sabtu, 02 November 2019 : 12.58
Tasyakuran dan launching E- Jurnal FKIP Univet Bantara Sukoharjo (foto Nra)
SUKOHARJO - Setelah proses panjang penuh liku dilalui, Jurnal Komunikasi Pendidikan FKIP Univet Bantara Sukoharjo akhirnya meraih akredetasi Sinta - 4 dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)

Sinta (Science and Technology Index) merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek.

Singgih Subiantoro salah satu pengelola yang juga dosen FKIP, saat gelar tasyakuran sekaligus launching E- Jurnal,Jum'at (1/11/2019) menyampaikan, jurnal komunikasi pendidikan ini sudah dirilis sejak 2017 lalu.

"Baru bulan kemarin (Oktober-Re) kami mendapat peringkat nasional (Sinta) 4. E- Jurnal ini keseluruhannya dikelola sendiri oleh (civitas akademi) FKIP," terang Singgih

E- jurnal mewadahi 11 program studi (prodi) FKIP Univet Bantara dimana masing -masing mengelola 1 jurnal. Dan, dari 11 jurnal yang dikelola tiap prodi, disebutkan Singgih ada 1 yang sudah masuk kategori internasional yakni, dari prodi Bahasa Inggris.

"Jadi masing - masing prodi sudah menerbitkan 1 jurnal secara elektronik (E-Jurnal). Dengan launching ini, harapannya semua mahasiswa, dosen di internal kampus, dapat mempublish karya ilmiahnya. Ini juga kami buka untuk nasional," imbuhnya.

Sementara Rektor Univet Bantara Prof.Dr.Ir. Ali Mursid Wahyu Mulyono, MP didampingi Dekan FKIP Univet Bantara Drs. Toni Harsan, M.H menyampaikan apresiasinya atas capaian yang diraih FKIP berupa akredetasi Sinta-4 atas penerbitan jurnal ini.

"Ini yang internasional, meski rasanya masih nasional, tapi saya yakin, kedepan dengan memberanikan diri pasti dapat berjalan. Kalau kualifikasi pendidikan "S"nya tambah (S1 naik S3) itu nggak apa - apa. Tapi kalau E-Jurnal (dibalik) suatu saat akan naik S1 (Sinta-1)," harap Rektor.

Seperti diketahui, jumlah Jurnal dibuat sistem grading dengan 6 Kelas (Klaster) yaitu, Sinta - 1 Jurnal terakreditasi A dengan nilai 85-100, atau terindeks di Scopus. Sinta - 2 Jurnal terakreditasi B dengan nilai 70-85, Sinta - 3 Jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 60-70.

Kemudian, Sinta - 4 Jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 50-60, Sinta - 5 Jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 40-50, Sinta - 6 Jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 30-40. (Nra)

0 komentar :

Berikan Komentar Anda

Copyright © 2020 Peradisurakarta.com All Rights Reserved