Obrolan

Latif Kreatifitas, UVBN Sukoharjo Gelar Expo KKN

Jumat, 27 September 2019 : 13.45
Rektor UVBN Sukoharjo, Ali Mursyid Menyerahkan Hadiah Pemenang Lomba Video KKN Tematik 2019 (foto. Djoyo)

SUKOHARJO - Berbagai macam hasil kreasi mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2019, Universitas Veteran Bangun Nusantara (UVBN) Sukoharjo disajikan dalam Expo khusus selama sehari di auditorium kampus setempat, Kamis (26/9/2019).

Expo KKN sengaja digelar untuk menampilkan produk yang dihasilkan mahasiswa selama terjun ditengah masyarakat menjalani masa KKN disejumlah daerah seperti di Ngawi Jatim, Gunung Kidul Wonosari DIY, dan sejumlah daerah Solo Raya.

Rektor UVBN Sukoharjo, Ali Mursyid mengatakan, kegiatan expo Ini menjadi sesuatu pembeda KKN mahasiswa UVBN Sukoharjo, dan perlu dilestarikan sehingga dapat memacu membuat produk  kreatif dan dapat dipamerkan.

“Ada beberapa peralatan yang sangat bermanfaat untuk masyarakat seperti alat pipil jagung dan lain-lain. Jika mereka lebih dibina lagi bisa mencari hak kekayaan intelektual yang akan dikoordinasikan dengan bagian yang berkaitan dengan ini. Selain itu untuk kelanjutannya kita sudah melakukan identifikasi membuat desa binaan berkelanjutan dari program KKN,” terangnya.

Menurut Ketua KKN UVBN Sukoharjo Yoto Widodo, saat menyampaikan pengantar pembukaan Expo mengatakan, kegiatan ini sesuai tujuan dari KKN memberikan inovasi hal-hal yang baru bagi masyarakat termasuk hasil pameran produk.

“Mahasiswa diharapkan dapat memberikan sentuhan sentuhan baru misalnya produk minuman jamu beras kencur yang belum dikemas dengan baik. Kemudian mahasiswa mencoba membuat kemasan ditempel nama produk dan komposisinya hingga laku dijual,” ungkapnya.

Dalam Expo ini, selain produk makanan dan jamu, mahasiswa juga membuat produk dalam bentuk data atau gambar peta, pemetaan potensi desa di setiap dukuh terkait potensi daerah pariwisata dalam bentuk gambar animasi.

“Diharapkan ke depan produk ini sedikit demi sedikit dapat diwujudkan di masyarakat desa,” harapnya.

Sebagai pamungkas gelaran Expo, pada kesempatan itu, juga diberikan penghargaan terhadap 14 video terbaik hasil karya mahasiswa selama KKN. (Djoyo)

0 komentar :

Berikan Komentar Anda

Copyright © 2020 Peradisurakarta.com All Rights Reserved