Obrolan

Mahasiswa UVBN Sukoharjo Gelar Expo Produk KKN 2019

Senin, 01 April 2019 : 16.21
Expo produk KKN mahasiswa 2019 UVBN Sukoharjo, Sabtu (30/3/2019)  (foto NSN)
SUKOHARJO - Bersamaan dengan acara wisuda lulusan S1 dan S2 Universitas Veteran Bangun Nusantara (UVBN) Sukoharjo, sebuah Expo Produk Mahasiswa KKN 2019 juga digelar di halaman kampus setempat untuk memeriahkan Dies Natalis ke-51.

Kepala Pusat KKN UVBN, Muhammad Husayain Rifai kepada awak media, Sabtu (30/3/2019) menjelaskan, expo ini merupakan kegiatan rutin yang wajib diikuti mahasiswa KKN disetiap periode. Tujuannya agar mahasiswa menampilkan hasil karya khususnya produk dan program unggulan yang selama ini dihasilkan di lokasi KKN.

"Momen expo kami barengkan dengan kegiatan Dies Natalis ke-51 tahun Univet dan wisuda. Harapannya agar banyak orang tua wisudawan bisa menyaksikan bisa melihat hasil karya mahasiswa KKN," ungkapnya.

Kegiatan expo disebutkan Muhammad diikuti mahasiswa KKN dari 4 Kabupaten yakni, Grobogan, Sragen, Wonogiri dan Sukoharjo terdiri 6 kecamatan dan 28 desa. Mereka, masing - masing kelompok diberi stand untuk memajang dan memasarkan hasil karyanya mulai dari produk kuliner, suvenir hingga hasil karya lainnya

"KKN ini sasarannya adalah masyarakat desa agar bisa lebih berdaya untuk membangun desanya. Di expo ini, produk yang ditampilkan adalah produk yang dibuat bersama masyarakat desa," terangnya.

Sementara, Rektor UVBN Sukoharjo, Ali Mursyid Wahyu Mulyono saat meninjau stand expo mengatakan, hasil produk karya mahasiswa KKN cukup bagus dan  layak dijual belikan.

"Mudah-mudahan masyarakat setelah dididik ada yang menyempurnakan pengemasan, atau membuat produk baru, tergerak untuk berbisnis dari bahan yang ada di desa," katanya.

Ditambahkab Rektor, mahasiswa KKN juga mengajarkan pemasaran produk melalui media online kepada masyarakat desa. Bahkan pada tahun-tahun sebelumnya mereka juga punya kader di desa yang punya kemampuan melanjutkan program unggulan seperti produk kerajinan, rumah buku, rumah Quran.

Pada expo KKN ini juga diserahkan penghargaan hasil video kreatif terbaik selama KKN kepada 10 kelompok KKN, dimana setiap pemenang memperoleh penghargaan uang pembinaan sebesar 500 ribu rupiah.(NSN)

0 komentar :

Berikan Komentar Anda

Copyright © 2020 Peradisurakarta.com All Rights Reserved